UU RI No 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional pasal 22 menyebutkan bahwa Pemerintah melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga melalui penetapan kebijakan, penataran/pelatihan, koordinasi, konsultasi, komunikasi, penyuluhan, pembimbingan, pemasyarakatan, perintisan, penelitian, uji coba, kompetisi, bantuan, pemudahan, perizinan dan pengawasan.
Atas dasar Undang-undang tersebut, maka Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda, dan Olahraga di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Balai Pemuda dan Olahraga sebagai pengelola pendidikan olahraga telah berupaya melaksanakan program peningkatan mutu atlet dengan melaksanakan “Kejuaraan Daerah Olahraga Pelajar Daerah Istimewa Yogyakarta”. Hal ini yang akan memacu atlet untuk selalu berkeinginan untuk mencapai prestasi tertinggi agar dapat membanggakan Daerah maupun Negara. Selain itu, agar tercipta atlet-atlet hebat di kemudian hari dan sanggup menggantikan para seniornya.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah seluruh pelajar di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sekolah yang bersangkutan dan berusia maksimal yakni 01 Januari 2002. Terdapat 5 (lima) cabang olahraga yang akan dilaksanakan yakni Bolavoli, Bolavoli Pasir, Bridge, Panjat Tebing dan Pencak Silat.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu dan tempat pelaksanaan sebagai berikut:
1. Cabang olahraga Bolavoli
Waktu pelaksanaan : 18 – 21 Juli 2019
Tempat pelaksanaan : GOR Among Raga Yogyakarta
2. Cabang olahraga Bolavoli Pasir
Waktu pelaksanaan : 24 – 27 Juli 2019
Tempat pelaksanaan : Lapangan Voli Pasir Mandala Krida Yogyakarta
3. Cabang olahraga Bridge
Waktu pelaksanaan : 24 – 27 Juli 2019
Tempat pelaksanaan : GOR Among Raga Yogyakarta
4. Cabang olahraga Panjat Tebing
Waktu pelaksanaan : 24 – 27 Juli 2019
Tempat pelaksanaan : Wall Climbing Mandala Krida Yogyakarta
5. Cabang olahraga Pencak Silat
Waktu pelaksanaan : 22 – 25 Juli 2019
Tempat pelaksanaan : Wana Bakti Yasa Yogyakarta